Sabtu, 21 Agustus 2010

Perkenalan PBO (Java)

I. Pengenalan Java
Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer, yang merupakan
suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi Java mudah dipelajari, terutama bagi
programmer yang telah mengenal C/C++, Java juga merupakan bahasa
pemrograman berorientasi objek dan dirancang agar dapat dijalankan di
semua platform.
II. Jenis – Jenis Java
- Enterprise Java (J2EE)
Dipergunakan untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar
dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi.
- Standar Java (J2SE)
Dipergunakan untuk aplikasi berbasis desktop dan inilah yang biasa dikenal
sebagai bahasa Java.
- Micro Java (J2ME)
Merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak
dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.

Perkenalan PBO (Java)
I. Pengenalan Java
Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer, yang merupakan
suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi Java mudah dipelajari, terutama bagi
programmer yang telah mengenal C/C++, Java juga merupakan bahasa
pemrograman berorientasi objek dan dirancang agar dapat dijalankan di
semua platform.
II. Jenis – Jenis Java
- Enterprise Java (J2EE)
Dipergunakan untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar
dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi.
- Standar Java (J2SE)
Dipergunakan untuk aplikasi berbasis desktop dan inilah yang biasa dikenal
sebagai bahasa Java.
- Micro Java (J2ME)
Merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak
dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.
III. Fitur - Fitur Java
a) Applet
Program Java yang dapat berjalan di atas browser, yang dapat
membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.
b) Java Networking
Sekumpulan API (Application Programming Interface) yang
menyediakan fungsi – fungsi untuk aplikasi – aplikasi jaringan, seperti
penyediaan akses untuk TCP, UDP, IP Adrress dan URL. Tetapi Java
Networking tidak menyediakan akses untuk ICMP dikarenakan alasan
sekuriti dan pada kondidi umum hanya administrator ( root ) yang bisa
memanfaatkan protokol ICMP.
c) Java Database Connectivity (JDBC)
JDBC menyediakan sekumpulan API yang dapat digunakan untuk
mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft
SQL Server.
d) Java Security
Java Security menyediakan sekumpulan API untuk mengatur security
dari aplikasi Java baik secara high level atau low level, seperti
public/private key management dan certificates.
e) Java Swing
Java Swing menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi
– aplikasi GUI (Graphical User Interface) dan model GUI yang diinginkan
bisa bermacam – macam, bisa model Java, model Motif/CDE atau model
yang dependent terhadap platform yang digunakan.
f) Java RMI
Java RMI menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi –
aplikasi Java yang mirip dengan model RPC (Remote Procedure Call) jadi
object - object Java bisa di call secara remote pada jaringan komputer.
g) Java 2D/3D
Java 2D/3D menyediakan sekumpulan API untuk membangun grafik –
grafik 2D/3D yang menarik dan juga akses ke printer.
h) Java Server Pages
Berkembang dari Java Servlet yang digunakan untuk menggantikan
aplikasi – aplikasi CGI, JSP (Java Server Pages) yang mirip ASP dan PHP
merupakan alternatif terbaik untuk solusi aplikasi Internet.
i) JNI (Java Native Interface)
JNI menyediakan sekumpulan API yang digunakan untuk mengakses
fungsi – fungsi pada library (*.dll atau *.so) yang dibuat dengan
bahasa pemrograman yang lain seperti C,C++, dan Basic.
j) Java Sound
Java Sound menyediakan sekumpulan API untuk manipulasi sound.
k) Java IDL + CORBA
Java IDL (Interface Definition Language) menyediakan dukungan Java
untuk implementasi CORBA (Common Object Request Broker) yang
merupakan model distributed-Object untuk solusi aplikasi besar di
dunia networking.
l) Java Card
Java Card utamanya digunakan untuk aplikasi – aplikasi pada smart
card, yang sederhana wujudnya seperti SIM Card pada handphone.
m) JTAPI (Java Telephony API)
Java Telepony API menyediakan sekumpulan API untuk
memanfaatkan devices – devices telepony, sehingga akan cocok untuk
aplikasi – aplikasi CTI (Computer Telephony Integration) yang
dibutuhkan seperti ACD (Automatic Call Distribution), PC-PBX dan
lainnya.
IV. Metode Compiler Java
Bahasa Lain (misalnya
Java di Windows C/C++) di Windows
Source code
(coba.java)
Source code
(coba.cpp)
Bytcode
(coba.class)
Binary
(coba.exe)
Compile
(javac coba.java)
Compile
(cpp coba.cpp)
Java
Interpreter
(java.exe)
Windows
Platform
Java
Interpreter
(java)
UNIX
Platform
Windows
Platform
UNIX
Platform
Binary
incompatibility

V. OOP Java
Pemrograman berorientasi objek diciptakan untuk mempermudah
pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada dalam
kehidupan nyata. Dalam paradigma ini, sesuai dengan model kehidupan nyata,
segala bagian (entiti) dari suatu permasalahan adalah objek. Objek-objek ini
kemudian juga dapat berupa gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil.
Sebagai contoh, tengoklah sebuah mobil. Mobil adalah sebuah objek dalam
kehidupan nyata. Namun mobil sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih
kecil seperti roda ban, mesin, jok, dll. Mobil sebagai objek yang merupakan
gabungan dari objek yang lebih kecil dibentuk dengan membentuk hubungan
antara objek-objek penyusunnya. Begitu juga dengan sebuah program. Objek
besar dapat dibentuk dengan menggabungkan beberapa objek-objek dalam
bahasa pemrograman. Objek-objek tersebut berkomunikasi dengan saling
mengirim pesan kepada objek lain.
a) Objek
Baik dalam dunia nyata atau dalam sebuah program, sebuah objek
memiliki dua karakteristik, yaitu :
1. State adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state
warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll
2. Behaviour adalah kelakuan dari objek tersebut, seperti mobil dapat
melaju, membelok, membunyikan klakson, dll.
Objek menyimpan statenya dalam satu atau lebih variabel, dan
mengimplementasikan behaviournya dengan metode. Dengan penjelasan
di atas, dapat disimpulkan bahwa objek adalah bagian software yang
dibentuk dengan variabel-variabel dan metode-metode yang berhubungan
dengan variabel tersebut.
Dengan karakteristik tersebut, kita dapat memodelkan berbagai objek
dalam kehidupan nyata ke dalam objek-objek dalam sebuah program.
Lebih lanjut kita dapat memodelkan objek-objek abstrak ke dalam sebuah
program. Contoh umum untuk konsep abstrak seperti ini adalah objek
Event, yaitu objek untuk mewakili peristiwa klik atau tombol ditekan.

b) Message (Pesan)
Objek-objek yang bekerja sama membentuk suatu sistem harus saling
berkomunikasi untuk menjalankan sistem tersebut. Dalam sebuah
program, objek-objek berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan
pesan. Sebagai contoh, jika sebuah objek ingin memanggil metode dari
objek lain, maka objek ini akan mengirimkan sebuah pesan yang meminta
objek tujuan untuk menjalankan metode yang dikehendaki. Pesan ini akan
berisi informasi-informasi yang dibutuhkan objek tujuan untuk dapat
menunaikan permintaan tadi. Sebuah pesan dibentuk oleh informasi
berikut ini: 1) objek yang dituju; 2) nama metode yang ingin dipanggil; 3)
parameter yang dibutuhkan metode tersebut.
Misalnya : anotherObject.aMethod(parameter1);
c) Kelas
Kelas adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat objek.
Ibaratkan sebuah rancangan rumah yang digunakan untuk membangun
ratusan rumah. Rumah yang dibangun tersebut adalah objek dari kelas
rancangan rumah. Hal ini dapat dilakukan karena semua objek rumah yang
dibangun memiliki karakteristik yang sama, sehingga dapat dibuatkan
semacam blueprintnya. Tetapi objek-objek yang dibangun tetap akan
memiliki bentuk fisik tertentu sendiri-sendiri, seperti variabel dalam
sebuah program, atau pintu sebuah objek rumah. Dengan penjelasan ini,
kelas dapat kita definisikan kembali menjadi sebuah blueprint, atau
prototipe, yang mendefinisikan variabel dan metode yang sama untuk
semua objek sejenis.
d) Pewarisan
Terminologi asing untuk pewarisan adalah inheritance. Mungkin dalam
literatur lain Anda akan sering menjumpai istilah ini. Secara gamblang,
pewarisan berarti sebuah kelas mewarisi state dan behaviour dari kelas
lain. Sebagai contoh, sebuah kelas RumahMewah akan mewarisi state dan
behaviour dari kelas Rumah. Begitu juga dengan kelas RumahSederhana.
Kelas RumahMewah dan RumahSederhana disebut subkelas, atau kelas
anak, dari kelas Rumah, yang disebut superkelas, atau kelas induk.

VI. Pengenalan Aplikasi Java
a) Setting Path Java
Pada sistem operasi Windows, perintah untuk setting path yaitu:
C:\>set PATH=c:\folderinstalasi\bin;
Contoh pada modul ini adalah :
C:\> set PATH=C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin;%PATH%
b) Tulis Source Code
Untuk menuliskan code program bisa menggunakan teks editor apa saja,
misalnya Notepad. Untuk latihan pertama coba ketikkan syntax dibawah ini
dan simpan dengan nama hello.java :
.
Keterangan Syntax
- Public, salah satu macam modifier.
- Static, tipe method.
- Void, menunjukkan bahwa method tidak mengembalikan nilai atau
objek.
- Main, nama method utama dari program java.
- String, tipe argumen yang diterima untuk parameter dari command
java.
- Args, array argumen yang bisa ditambahkan pada saat
menggunakan command java untuk menjalankan program java.
- System.out.println("Latihan Java Pertama"), untuk mencetak kata
“Latihan Java Pertama” dilayar.
public class hello
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println("Latihan Java Pertama");
}
}

c) Compile Source Code
Untuk mengcompile source code yang telah dibuat menggunakan syntax
dibawah ini yang diketikkan pada CommandPrompt
javac (nama file yang akan dicompile)
contoh :
c:\>javac hello.java
Hasil compile source code ini akan membuat sebuah file dengan nama
hello.class, file ini selanjutnya yang akan dijalankan.
d) Menjalankan Program
Untuk menjalankan file dengan extensi .class yang merupakan hasil
kompilasi dari file java menggunakan syntax dibawah ini yang diketikkan
pada CommandPrompt.
java (nama file hasil kompilasi)
contoh :
c:\>java hello
e) Latihan

0 komentar:

Posting Komentar