Kamis, 02 September 2010

Kualitas macam apa yang kau pupuk dalam hatimu?

“When dealing with people, remember you are not dealing with creatures of logic, but
creatures of emotions” – Dale Carnegie ‐
(Ketika berhubungan dengan orang lain, ingatlah bahwa anda tidak hanya sedang
berhubungan dengan makhluk berlogika, tetapi juga berhubungan dengan makhluk
beremosi) –Dale Carnegie –
eduli diawali dari kemurahan hati. Kepedulian berasal kualitas hati yang dipenuhi oleh
kemurahan yang berlimpah. Apakah kita memiliki keinginan kuat untuk senantiasa memberi
pada orang lain? Apakah kita senang mendengar orang lain berkata “Terima Kasih” pada
kita? Ketika seseorang complain pada kita, apakah kita memahami bahwa ybs sebenarnya
memerlukan pertolongan kita? Ketika Customer bersikap kasar, apakah kita mampu memberikan
ketenangan dan pemahaman pada mereka? Ketika rekan kerja membutuhkan, apakah kita cukup
peka untuk untuk tanpa diminta langsung memberikan bantuan?
Kualitas kepedulian kita tampak dari kualitas benih kebaikan yang kita
tanamkan dalam diri. Air keruh yang tertuang di cangkir berasal dari air
keruh yang ada pada teko. Kualitas yang tampak keluar adalah cerminan dari
kualitas yang ada didalam. Maka, jagalah baik‐baik kejernihan air yang ada
pada teko kita agar air yang tertuang di cangkir pun adalah air jernih yang
penuh kebeningan. Rawatlah dengan baik segala kualitas‐kualitas yang ada
pada hati sebab dari sanalah akan terpancar kualitas kemanusiaan kita yang
sesungguhnya. Dan… Kehidupan sesantiasa menguji kulitas tersebut…
Pastikan diri kita lulus ujian !What kind of quality that you nourished in your heart?
(Kualitas macam apa yang kau pupuk dalam hatimu?)
“When dealing with people, remember you are not dealing with creatures of logic, but
creatures of emotions” – Dale Carnegie ‐
(Ketika berhubungan dengan orang lain, ingatlah bahwa anda tidak hanya sedang
berhubungan dengan makhluk berlogika, tetapi juga berhubungan dengan makhluk
beremosi) –Dale Carnegie –
eduli diawali dari kemurahan hati. Kepedulian berasal kualitas hati yang dipenuhi oleh
kemurahan yang berlimpah. Apakah kita memiliki keinginan kuat untuk senantiasa memberi
pada orang lain? Apakah kita senang mendengar orang lain berkata “Terima Kasih” pada
kita? Ketika seseorang complain pada kita, apakah kita memahami bahwa ybs sebenarnya
memerlukan pertolongan kita? Ketika Customer bersikap kasar, apakah kita mampu memberikan
ketenangan dan pemahaman pada mereka? Ketika rekan kerja membutuhkan, apakah kita cukup
peka untuk untuk tanpa diminta langsung memberikan bantuan?
Kualitas kepedulian kita tampak dari kualitas benih kebaikan yang kita
tanamkan dalam diri. Air keruh yang tertuang di cangkir berasal dari air
keruh yang ada pada teko. Kualitas yang tampak keluar adalah cerminan dari
kualitas yang ada didalam. Maka, jagalah baik‐baik kejernihan air yang ada
pada teko kita agar air yang tertuang di cangkir pun adalah air jernih yang
penuh kebeningan. Rawatlah dengan baik segala kualitas‐kualitas yang ada
pada hati sebab dari sanalah akan terpancar kualitas kemanusiaan kita yang
sesungguhnya. Dan… Kehidupan sesantiasa menguji kulitas tersebut…
Pastikan diri kita lulus ujian !
P
TJ Share & Grow
Volume 5 / Mei 2010
POSITIVE WEEKLY INSPIRATION
FOR TOPJAYA GROUP
Values TOPJAYA :
1. JUJUR
2. PEDULI
3. TANGGUNG JAWAB
4. CERDAS
5. CEPAT
May’s monthly Theme :
PEDULI
Share Your
Kindness
Grow
Yourself
Kemurahan hati bagi sebagian orang bisa jadi bukanlah konsep yang dapat diterima dalam dunia
bisnis. That’s Ok. Selama orang tersebut mau manjadikan dirinya robot pekerja hal itu tidak masalah.
Konsep Manajemen yang masih menempatkan “Profit” diatas “People” adalah konsep usang yang
hanya mengkerdilkan Organisasinya sendiri. Organisasi tersebut hanya akan jalan di tempat
(stagnan) dan tidak akan kompetitif di tengah persaingan. Organisasi tersebut juga tidak akan
mampu mencapai kebesaran (Greatness) dan hanya akan berada di bawah bayang‐bayang para
kompetitornya.
Fortune Magazine didalam surveinya terhadap Perusahaan‐Perusahaan terbaik dunia
mengungkapkan bahwa Perusahaan seperti Google dan Dreamworks adalah Perusahaan yang telah
mencapai world class karena mereka menempatkan “People” dalam prioritas utama sehingga
“Profit” akan mengalir dengan sendirinya. Fortune menanyakan pada para karyawan Perusahaan
tersebut mengenai faktor apa yang membuat mereka mencintai Perusahaan mereka, dan Fortune
menemukan beberapa hal berikut:
• Perusahaan menerapkan prinsip kebaikan didalam hubungan antar
karyawan
• Adanya gairah kerja dan rasa bangga pada karyawan karena
Tempat Kerja bagi mereka adalah perluasan dari keluarga. Hal ini
terjadi karena adanya budaya positif dalam lingkungan Perusahaan
• Karyawan bekerja dengan antusias karena mereka memiliki rekan
kerja, atasan dan bawahan yang suportif dan menimbulkan
keceriaan dalam bekerja
• Manajemen lini memiliki kepedulian yang tulus dan besar pada
karyawan. Setiap karyawan diperlakukan dengan penting karena
mereka sangat berarti
Kita adalah “Manusia” yang berada dalam wadah Organisasi yang sama, dan sebagai “Manusia” ada
nilai‐nilai yang mempererat rasa. Terkadang ada sisi kita yang lalai terhadap nilai‐nilai tersebut.
Terkadang ada sisi kita yang tertimbun oleh arus kesibukan sehingga lalai pada rasa yang harusnya
kita bangun dengan kokoh. Terkadang ada sisi kita yang mementingkan diri sehingga lalai pada nilai
fundamental yang seharusnya menjadi prioritas utama untuk diperkokoh.
Manusia berkualitas seperti apakah kita ingin dikenang kelak? Kenangan orang lain akan diri kita di
masa depan sangat ditentukan oleh kualitas diri yang kita bangun saat ini. Banyak‐banyaklah
memupuk ke‐egoisan di hati dan terimalah masa depan yang banyak direndahkan orang. Banyakbanyaklah
memupuk kepedulian dan kemurahan hati dan terimalah masa depan yang mendapat
kelimpahan Langit. The choice is ours…
So, kualitas macam apa yang ingin kita pupuk di dalam diri?
Perusahaan seperti Google dan
Dreamworks adalah Perusahaan
yang telah mencapat World Class
karena mereka menempatkan
“People” dalam prioritas utama
sehingga “Profit” akan mengalir
dengan sendirinya
TJ Share & Grow
Volume 5 / Mei 2010
POSITIVE WEEKLY INSPIRATION
FOR TOPJAYA GROUP

0 komentar:

Posting Komentar